Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Langkah- Langkah Membangun Radio Internet

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan pihak sekolah untuk membuat radio internet, cukup mudah untuk membuatnya.

  1. Software yang dibutuhkan:
    • Download Winamp disini size: 12.20 Mb (jika sudah, lewati langkah ini).
    • Download SHOUTcast Radio DSP plug-in untuk Winamp disini.
    • Download SHOUTcast Server disini.
  2. Install dan jalankan SHOUTcast Server yang sudah di download tadi.
  3. Install Winamp dan SHOUTcast DSP plug-in
  4. Jalankan Winamp, lalu klik Options -> Preferences
  5. Klik DSP/Effect di menu Plugins, kemudian pilih Nullsoft SHOUTcast Source DSP
  6. Lalu akan muncul window SHOUTcast Source, pilih Output dan klik Connect. Perhatikanlah hal-hal berikut:
    • Cek Address apakah sudah sesuai dengan server anda. Pilih localhost apabila anda install server di tempat anda menginstall Winamp dan DSP Plugin.
    • Secara default, passwordnya adalah Changeme. Anda dapat mengubah setting password ini di “sc_serv.ini” atau “sc_serv.conf” yang terletak satu direktori dengan Shoutcast Server. (C:\Program Files\SHOUTcast\ untuk versi Windows)
  7. Server siap. Silahkan putar sebuah lagu di Winamp, maka lagu akan otomatis mengalir ke server dan dapat di dengar oleh seluruh dunia.
  8. Untuk mendengarkan radio internet anda di komputer lain, klik kanan pada Winamp, pilih Play -> URL (atau tekan Ctrl+L) masukkan alamat http://serveranda:8000. Ganti serveranda dengan domain atau IP address dimana SHOUTcast server dijalankan.
  9. Pertanyaan lain yang muncul, bagaimana kalau kita ingin mengalirkan suara kita secara live? Siapkan microphone dan masukkan kabel microphone ke soundcard PC anda. Kemudian kembali ke Winamp anda, pada SHOUTcast source, pilih “Input”, kemudian ubah “Input device” dari “Winamp (recommended)” ke “Soundcard Input”. Lalu siapkan microphone di depan mulut anda, dan ucapkan “Selamat datang di Radio Internet saya yang tercinta ini”.

Tips agar suara yang diterima tidak putus-putus:

  1. Default MaxUser adalah 32 (ini adalah jumlah maksimum pendengar, semakin sedikit berarti semakin bagus karena bandwith yang dikeluarkan semakin terkonsentrasi). MaxUser bisa diubah di dalam file sc_serv.conf
  2. Agar suara tidak putus-putus dan delay, pastikan bitrate Encoder sesuai dengan bandwith upstream anda. Cara setting, klik Encoder di menu window SHOUTcast Resource lalu klik Encoder Setting dan sesuaikan dengan bandwith upstream anda.

Sumber:

http://romisatriawahono.net/2006/02/01/membangun-sendiri-radio-internet/

Comments :

0 komentar to “Langkah- Langkah Membangun Radio Internet”

Posting Komentar

 

Yang Lagi Baca

Total Visitor

Addres Pengunjung

IP

About Me

Foto saya
Blog ini saya buat untuk tugas praktek yang diberikan guru SMPN 2 Jember, Tapi, lama-kelamaan saya kecanduan, entah sampai kapan saya waras

Tukeran Link

Ini ada Link yang bisa langsung anda copy code-nya ke halaman web anda
Thank You Myspace Comments

Translator

Translation Services

YM! Status