Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Radio Internet Untuk Pembelajaran di Sekolah

Penggunaan teknologi internet sebagai penunjang belajar di sekolah sudah menjadi hal biasa, terutama di sekolah menengah atas. Melalui internet, kita dapat mengakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan aktual dengan sangat cepat. Hal itulah yang menjadi kelebihan penggunaan internet di sekolah. Tapi hingga saat ini internet belum dimanfaatkan secara maksimal oleh kalangan sekolah. Internet hanya dimanfaatkan secara garis besarnya saja, yaitu sebagai jendela informasi tanpa batas. Padahal ada banyak manfaat lainnya yang dapat diambil dari adanya internet. Salah satunya dengan penggunaan radio internet di sekolah. Kita bisa membangun sendiri stasiun siaran radio internet di sekolah, dan yang sebagai broadcaster tentu saja dari sekolah.

Radio internet berbeda dengan radio biasa. Dengan radio internet, kita tidak hanya bisa menikmati jaringan radio kawasan lokal saja, namun kita juga bisa mendengarkan siaran di dunia maya dari seluruh dunia. Dan karena di sini kita bertujuan untuk membangun stasiun siaran radio internet sendiri, maka sekolah akan bisa broadcasting sendiri dan didengar oleh seluruh negara melalui dunia maya. Siswa dapat melatih kelancaran bahasa asing mereka dengan mendengarkan radio ini secara rutin dan sekaligus juga bisa berlatih langsung menjadi broadcaster level dunia. Supaya terorganisir, sekolah bisa menyiapkan pegawai khusus mengurus keberlangsungan radio internet tersebut, tentu saja di bawah pengawasan pihak sekolah. Dan semua itu tidak membutuhkan biaya banyak yang dapat menguras uang iuran siswa. Semua perlengkapan, terutama software tersedia secara gratis. Pihak sekolah hanya konsentrasi biaya pada sewa server live streamingnya saja. Dan pastinya yang wajib diperhatikan adalah kemampuan bandwith internet sekolah yang cukup besar untuk menyiarkan radio secara online tanpa hambatan. Namun jika bandwith yang dimiliki sekolah terbatas, cara mengatasinya adalah dengan membatasi jumlah pendengar.

Untuk mengetahui cara membangun radio internet klik sini dan list radio-radio internet yang tersebar di dunia maya klik sini.

Sumber:

Membangun Sendiri Radio Internet.pdf oleh Romi Satria Wahono

http://www.themaster.web.id/read/20090503/membuat-radio-internet-sendiri

http://romisatriawahono.net/2006/02/01/membangun-sendiri-radio-internet/

http://romisatriawahono.net/2006/02/04/mengenal-radio-internet/

http://romisatriawahono.net/2008/01/10/membangun-radio-internet-dengan-listen2myradiocom/

Comments :

0 komentar to “Radio Internet Untuk Pembelajaran di Sekolah”

Posting Komentar

 

Yang Lagi Baca

Total Visitor

Addres Pengunjung

IP

About Me

Foto saya
Blog ini saya buat untuk tugas praktek yang diberikan guru SMPN 2 Jember, Tapi, lama-kelamaan saya kecanduan, entah sampai kapan saya waras

Tukeran Link

Ini ada Link yang bisa langsung anda copy code-nya ke halaman web anda
Thank You Myspace Comments

Translator

Translation Services

YM! Status